Wednesday, September 17, 2008

Kuala Lumpur City Center atau KLCC


Ini mall pertama di Kuala Lumpur yang membuat saya terkagum-kagum. Maklum, saya kan asalnya dari kampung dan di kampung tidak ada yang namanya kereta api bawah tanah yang nyaman seperti di Kuala Lumpur yang langsung bisa berhenti tepat di bawah mall. Di Jakarta saja belum ada. Jadi, saat saya sampai di stasiun kereta api KLCC, saya turun, terus jalan sedikit dan wah, langsung disambut harum wangi roti boy dan masuk ke mall KLCC.

Terus terang di detik dan di saat itu juga saya kagum sekali dengan kota Kuala Lumpur. Kok bisa yah negara tetangga ini lebih teratur, bersih dan infrastrukturnya berjalan dengan baik. Kapan Jakarta bisa seperti ini yah? Atau mungkin enggak Jakarta bisa seperti ini? Apa yang salah dengan Jakarta yah?

KLCC terletak tepat di bawahnya gedung Petronas Twin Towers, jadi jika anda pergi ke Petronas Towers sudah pasti anda akan masuk ke KLCC dan juga sebaliknya. KLCC, seperti halnya mall-mall di Jakarta terdiri dari berbagai macam outlet yang menjual berbagai brand baik itu lokal maupun internasional.

Outlet-outlet yang menarik di KLCC diantaranya adalah Isetan, Jimmy Choo dan Body Shop. Eh tau enggak sih kalau Jimmy Choo itu ternyata asalnya dari Penang, Malaysia. Saya aja baru tahu juga tuh. Oh ya, Body Shop di KL katanya sih lebih murah daripada Body Shop yang di Jakarta. Coba anda langsung cek-cek harga deh. Ada satu toko disini yang selalu ramai dikunjungi oleh turis dari Indonesia, nama tokonya nya Vincci, toko sepatu buatan Malaysia, yang terkenal murah dan menarik model sepatunya.

Yang saya sukai di KLCC ini adalah Kinokuniya Book Store yang terletak di lantai 4, buku-bukunya lumayan komplit sampai ke komik mangga juga ada. Selain itu food courtnya, kalau anda mau coba-coba masakan asli malaysia disini juga banyak.

Beberapa tempat menarik di KLCC:

Petrosains
Petrosains merupakan sarana hiburan sekaligus pendidikan bagi anak-anak. Disini anda bisa belajar tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan minyak bumi, seperti halnya Geologi, ilmu kelautan dan lain-lain. Tempat ini sangat luas dan menarik bahkan buat saya yang sudah dewasa sekalipun. Anak-anak saya yang berumur 4 dan 6 tahun betah berjam-jam disini. Petrosains ini dibuat oleh Petronas, perusahaan minyak di Malaysia dan terletak di lantai 4 KLCC. Kapan yah Pertamina punya ide briliant seperti ini?

Malaysian Philharmonic Orchestra
Bagi para pecinta musik orkestra anda bisa nonton disini. Anda bisa membaca catatan saya tentang orkestra ini disini.

Galeri Petronas
Tempat para seniman lokal dan internaional memamerkan hasil karyanya. Terakhir saya kesana ada pameran foto-foto antik tentang kota Kuala Lumpur. Seru juga.

Aquaria
Aquaria sebenarnya terletak di luar gedung KLCC, tapi kita bisa pergi kesana lewat KLCC, dan jalannya merupakan lorong ber AC, jadi nyaman untuk berjalan kaki. Saya tidak begitu merekomendasikan Aquaria, karena kalau dibandingkan dengan Sea World di Jakarta, jauh banget deh bedanya, Sea World jauh lebih besar dan menarik ikan-ikannya.

KLCC Park
KLCC Park merupakan taman hiburan yang luas dan semuanya gratis. Disana ada playground untuk anak-anak yang besar sekali, kolam renang, jogging track, dan air mancur yang bisa menari-nari. Air mancur ini mulai menari-nari dari pukul 6 malam s/d 9 malam. KLCC Park juga tempat yang cocok bagi fotografer yang ingin memotret keindahan gedung Petronas Twin Towers di malam hari.

Untuk pergi kesini anda tinggal menggunakan kereta Putra LRT dan stop di stasiun KLCC. Atau kalau naik taksi bilang saja ke KLCC atau Petronas Twin Towers.

Video KLCC Mall

1 comment: