Monday, September 15, 2008

Menara Kuala Lumpur atau KL Tower

Sebenarnya Menara Kuala Lumpur atau KL Tower itu lebih tinggi dari Petronas Towers. Loh kok bisa! Ya, karena KL Tower berdiri di atas bukit, jadi jika kita hitung tinggi KL tower ditambah tinggi bukitnya maka jumlahnya akan lebih besar dari ukuran tinggi Petronas Towers itu sendiri. Untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur menurut saya akan lebih menarik dari KL Tower dibandingkan dengan Petronas Towers.

Kenapa? Karena di tur resminya Petronas Towers kita hanya boleh naik sampai lantai 42 saja, artinya hanya setengahnya dari yang bisa kita capai di KL Tower. Jadi, jika anda ingin melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari tempat yang paling tinggi, KL Tower lah tempatnya, bukan Petronas Tower, kecuali anda punya koneksi di Petronas Tower yang bisa membawa anda ke lantai 88!

KL Tower merupakan menara telekomunikasi dan merupakan menara kelima tertinggi di dunia, dan oleh pemerintah Malaysia dijadikan juga sebagai salah satu obyek wisata. Untuk naik ke observation deck anda akan dipungut bayaran RM 38 (dewasa) dan RM 28 (anak-anak). KL Tower buka setiap hari dari pukul 9 pagi s/d 10 malam. Jika anda sudah sampai di observation deck nya KL Tower, biasanya anda akan diberikan sebuah tape recorder sebesar walkman lengkap dengan head phonenya. Tujuan dari diberikannya Walkman ini adalah agar anda dapat mengetahui nama-nama gedung yang ada di sekeliling KL Tower sekaligus untuk mengetahui sejarah berdirinya KL Tower.

Jika anda tidak berminat untuk mendengar walkman, anda boleh menolaknya, karena bagi saya pribadi amatlah merepotkan untuk membawa-bawa walkman lengkap dengan headphone dan kabelnya. Di ruangan observation deck ini anda bebas berlama-lama, tidak dibatasi seperti halnya Petronas Towers. Menurut saya waktu yang paling baik untuk naik ke observation deck KL tower ini adalah malam hari, sebab lampu-lampu kota KL akan terlihat lebih indah. Siang-siang bolong pemandangannya agak menjemukan. Oh ya, anda juga bisa melihat Petronas Towers dari sini, karena Petronas Towers letaknya berdekatan dengan KL Tower.

Di observation deck juga terdapat toko yang menjual kaos, serta pelbagai macam cendera mata KL Tower. Selain observation deck di KL Tower juga terdapat revolving restaurant, atau restoran yang bergerak memutar perlahan di puncak menara. Restaurant ini buka dari pukul 11.30 s/d 14.30 untuk makan siang, serta pukul 19.00 s/d 23.00 untuk makan malam. Tapi untuk bisa makan di restaurant tersebut kita harus reserve atau booking tempat dulu, biasanya 1 minggu sebelumnya, atau mungkin lebih karena restaurant ini selalu fully booked.

Karena terletak di tengah-tengah hutan, KL Tower juga mempunyai tur untuk bird watching, camping, jungle trekking, jogging trails, forest walk, camping, playground, flora fauna dan Jelutong Tree. Untuk pergi ke KL Tower relatif mudah, karena ia terletak di tengah-tengak kota Kuala Lumpur dan sangat dekat dengan Petronas Towers. Jika anda naik kereta monorail, berhenti di Raja Chulan Station, dari sana anda bisa jalan kaki atau naik free bus shuttle. Jika anda naik kereta api Putra LRT, berhenti di stasiun Dang Wangi, dari sana anda jalan sekitar 300 meter ke Bukit Nanas Station untuk naik Monorail. Dari stasiun Bukit Nanas anda stop di Raja Chulan Station.Dari sana anda bisa jalan kaki atau naik free bus shuttle. Website resmi KL Tower bisa anda akses disini.


Video orang loncat dari KL Tower


2 comments:

  1. halo,
    nice blog. very informatif. hv sm enquiries hope u could help.
    resto berputar worth to visit kah?
    untuk jadwal monorail dan lrt, apakah bisa diandalkan?
    trims

    ReplyDelete
  2. Wah makasih ya info nya. soalnya baru ini saya dapat info seperti ini. Mudah-mudahan dalam waktu dekat saya akan kesana untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari KL tower

    ReplyDelete