Sunday, September 14, 2008

Petaling Street atau China Town di Kuala Lumpur

Bagi yang belum pernah merasakan suasana China Town, Petaling Street merupakan tempat yang bagus untuk memulai pengalaman pertama anda mencicipi suasana China Town. Petaling Street terletak tepat di jantung kota Kuala Lumpur, daerah ini baru mulai hidup sekitar pukul 7 malam s/d jam 12 malam. Jangan pergi kesini di siang hari bolong. Saya pernah pergi ke sini siang-siang bolong, sepi, walaupun ada beberapa pedagang yang jualan tapi suasana China Town nya baru benar-benar terasa di malam hari.

Bagi yang sudah biasa dengan barang-barang palsu di Jakarta seperti Rolex palsu, Adidas palsu, Prada palsu dan barang-barang asli tapi palsu pasti langsung familiar dengan daerah ini. Semua barang yang dijual disini palsu, dan kalau harga, kalau boleh saya bilang sepertinya sih lebih murah di Jakarta. Kalau mau beli oleh-oleh buat keluarga di Indonesia dan dengan harga yang relatif murah seperti kaos-kaos Kuala Lumpur, miniatur Petronas Towers, dan pernik2 lainnya disini lah tempatnya.

Yang lucunya walaupun saya tanya apakah jam Rolex yang ditawarkan benar-benar asli, mereka dengan yakin dan percaya dirinya mengatakan bahwa Rolex tersebut 100% asli diimport dari Swiss. Coba aja anda tanya iseng-iseng.

Soal harga sebaiknya anda tawar harganya sampai 75% dari harga yang ditawarin pedagangnya. Kalau nawar barang disini harus tega, kalau enggak, wah nyesel nanti anda beli barang yang ternyata masih bisa ditawar lebih murah. Seperti di Jakarta, disini juga menjual film-film bajakan, walaupun pemerintah telah secara resmi melarang pembajakan film tetep saja banyak yang jualan disini, walaupun untuk membelinya kita terkadang harus ngumpet-ngumpet.

Bagi yang bawa anak balita sebaiknya jangan dibawa deh anaknya, soalnya tempat ini apalagi kalau week end penuh sekali dengan orang, sampai-sampai mau jalan dan napas saja susah. Semua turis lokal maupun internasional ngejublek semua disini. Oh ya, Petaling Street terletak di pinggir jalan dan walaupun ada atapnya tapi kalau hujan sebaiknya ditunda sampai hujannya reda. Hati-hati juga dengan copet, walaupun saya belum pernah mengalami kecopetan, tapi ada beberapa tanda peringatan 'beware of pick pocket'

Jika anda bukan muslim ada baiknya mencoba masakan2 Cina disini yang relatif murah dan enak rasanya. Bagi yang muslim biasanya yang punya restoran akan bilang bahwa makanan ini ada babinya. Untuk pergi kesini cukup mudah, selain taxi anda juga bisa menggunakan kereta api, gunakan kereta api yang namanya Putra LRT dan berhenti di stasiun Pasar Seni. Atau jika anda menggunakan Monorail, berhenti di stasiun Maharajalela.


Video Petaling Street

36 comments:

  1. Pak Indra, sy mau tanya , sy pernah denger beryl's chocolate ,letaknya jauh ga dr Bukit Bintang , kesana naik apa yg mudah & tempat wisata di Colmar Tropicale itu bagus ga yah ...
    Tks banyak atas perhatiannya

    ReplyDelete
  2. Beryl's chocolate merupakan produk coklat buatan Malaysia pak, bukan nama toko. Kalau mau cari coklat ini ada di supermarket2 besar seperti carrefour, giant atau jusco di malaysia. Colmar Tropicale saya pernah kesana, tidak seindah fotonya pak, dan hampir enggak ada apa-apa.

    ReplyDelete
  3. Beryl's chocolate merupakan produk coklat buatan Malaysia pak, bukan nama toko. Kalau mau cari coklat ini ada di supermarket2 besar seperti carrefour, giant atau jusco di malaysia. Colmar Tropicale saya pernah kesana, tidak seindah fotonya pak, dan hampir enggak ada apa-apa.

    ReplyDelete
  4. Mas Indra, tau ga pasar tempat beli kaos untuk oleh2 dalam jumlah banyak, misalnya 1 lusin (seperti di tanah abang) di KL? Mohon info ya, thanks :)

    ReplyDelete
  5. Wah saya kurang tahu yah kalau beli kaos dalam jumlah banyak, tapi coba di Central Market dan Petaling Street deh, cuma yah sekarang daerah tsb udah daerah turis, jadi harganya juga harga turis.

    ReplyDelete
  6. Mas Indra, kalo pulang malam dari Petaling ke hotel di daerah bukit bintang, naik apa yah baiknya?

    ReplyDelete
  7. Paling gampang naik taksi aja, deket kok dr petaling street ke bukit bintang, tapi mesti pinter2 nawar taksinya, karena kebanyakan mereka tidak mau pakai argo. Atau kalau mau naik kereta api, cari stasiun kereta api Pasar Seni. Dari sana berhenti di stasiun Dang Wangi. Nah dari sana jalan kaki sekitar 300 meter ke stasiun monorail Bukit Nanas ke Bukit Bintang station. Agak ribet kalau naik kereta memang.

    ReplyDelete
  8. pak indra, kawasan hotel sekelas backpacker yg murah di KL di daerah mana y & dekat dgn pusat kota? dan harganya sekitar brp RM? matur nuwun.

    ReplyDelete
  9. Coba cari disini http://www.petalingstreet.info/backpackers-travellers-lodge/

    ReplyDelete
  10. mas indra salam kenal, saya sopian..
    kita rame2 ber 8orang mau jalan2 ke KL & Singapur..
    nah kita mau milih hotel di daerah chinatown ini, mnurut mas indra rekomen ga nih? dalam artian deket ngga kemana2 (petronas, stasiun monorel, bandara, stasiun bis ke singapur dll)..
    thnks sebelumnya mas.

    ReplyDelete
  11. Mas M.Sopian, penginapan daerah China Town itu memang dekat kemana2. Stasiun bus dekat, petronas dan monorail juga dekat. Memang banyak pilihan hotel di sana, saya recommend tempat tersebut kalau anda suka dekat dengan daerah keramaian.

    ReplyDelete
  12. Pak, apakah harga Tune hotel dengan penginapan di petaling selisih banyak?
    mohon info.
    thanks before.

    ReplyDelete
  13. Aci: Maaf, kalau soal harga hotel saya kurang tahu banyak.

    ReplyDelete
  14. Pak Indra, mohon informasinya.

    Bulan depan rencananya saya akan ke KL dalam rangka urusan kantor. Saya akan tinggal di Hotel Novotel City Center.

    Jika saya mau berkunjung ke Jalan Petaling dan Petronas Twin Tower, apakah bisa ditempuh dengan public transport seperti kereta? Lalu beli tiketnya di mana dan nama station tempat berhentinya apa?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. Kalau gak salah station yg dekat hotel novotel kl namanya stasiun monorail Raja Chulan, bapak boleh jalan kaki ke sstasiun tersebut. Kalau mau ke Petaling Street bisa naik monorail tsb dan berhenti di stasiun Maharajalela. Dari stasiun tersebut jalan kaki sekitar 5 atau 10 menit ke Petaling Street. Coba tanya orang arah ke Petaling Street setelah sampoai di stasiun. Jangan lupa hafalkan jalan balik ke stasiun soalnya orang sering lupa. Kalau mau ke Petronas dari hotel naik dari stasiun Raja Chulan terus berhenti di stasiun Bukit Nanas. Dari stasiun Bukit Nanas anda jalan kaki sekitar 300 meter ke stasiun kereta Dang Wangi (pindah jenis kereta). Dari Dang Wangi cari stasiun kereta KLCC, berhenti di sana anda suah sampai dibawahnya Petronas Twin Towers.

    ReplyDelete
  16. Mas Indra, saya Celine. Numpang tanya. Daerah yg byk mall nya tuh dimana ya? Dan pusat oleh2 yang murah2 ada dmn? Jd saya bisa langsung menuju kesana. Makasih ya Mas Indra.

    ReplyDelete
  17. @Celine: Di KL banyak mall,saya gak tau mana yg Celine maksudkan. Tapi biasanya turis pergi ke KLCC mall, Mall di sekitar Bukit Bintang Area, atau the Pavlion, semuanya terletak di daerah turis di KL. Utk cari oleh2 yg murah bisa di sekitar daerah Petaling Street atau Bukit Bintang.

    ReplyDelete
  18. Pagi Pak,
    rencana bulan maret nanti saya mau ke KL. Saya tidak pernah ke sana sebelumnya dan saya cuma mengandalkan peta. Saya mau tanya apakah d china town memang harga yg ditawarkan selalu tinggi n apakah benar d sana byk pencopet ? Bagaimana solusinya ya agar kita tidak kecopetan ? Apakah tidak harus membawa dompet (dlm arti kata, uangnya disimpan d saku aj)

    Thanks before y Pak..

    ReplyDelete
  19. Pak Indra...saya akan ke KL dan nginap di SKY HOTEL jalan Bukit Bintang No 1A Bukit Bintang,...Stasiun kereta terdekat dari Hotel ke KLIA airport apa ya ?

    Thanks atas infonya

    ReplyDelete
  20. Dari Bukit Bintang naik monorail ke arah KL Sentral. Turun di KL Sentral terus cari kereta yg namanya KLIA Express, kereta tsb langsung ke airport KLIA, tapi tidak ke airportnya Air Asia (LCCT Airport).

    ReplyDelete
  21. Pak Indra, saya baru saja melihat review ttg Petaling Street di Yahoo Travel, kok banyak yang tidak suka dan tidak rekomendasi tempat ini yah? menurut bapak sendiri lebih enak mana Bukit Bintang atau Petaling Street? terima kasih pak

    ReplyDelete
  22. Pak indra, saya mau tanya. kalau dr LCCT ke petailing street ingin naik sky bus rutenya bagaimana ya? terimakasih..

    ReplyDelete
  23. Pak Indra, saya mau tanya. saya rencana akan menginap di daerah petailing street. kalau dari LCCT ke petailing street dgn menggunakan sky bus rutenya bagaimana ya? mohon infonya.. Terimakasih..

    ReplyDelete
  24. Mba Tanti, kalau dari LCCT mau ke Petaling Street harus naik Sky Bus dulu sampai ke KL Sentral. Nah dari KL Sentral bisa naik kereta api Putra LRT dan berhenti di stasiun Pasar Seni, dari stasiun jalan sedikit sekitar 300 meter.

    ReplyDelete
  25. Pak Indra,
    Salam kenal, saya rencananya pada tgl 22 Aug 2011 ini mau ke kuala lumpur dengan menggunakan pesawat tiger air dari singapore dan tinggal di hotel petaling street. saya mau nanya, dari airport KL ke petaling street bagaimana caranya ? harus naik transportasi apa untuk sampai di petaling street ?
    mohon info nya terima kasih

    ReplyDelete
  26. Pak indra,
    Tgl 25 august ini saya rencana mau ke KL, yang ingin saya tanya dari airport KL ke petaling street harus naik angkutan apa
    mohon di balas

    ReplyDelete
  27. Kalau capek dan pengen cepet sampe hotel mending naik taksi aja dr airport. Kalau mau berpetualangan sedikit, coba naik kereta api dari airport ke KL Sentral, dan dari KL Sentral bisa naik kereta api Putra dan berhenti di stasiun Pasar Seni, dari situ jalan ke hotel petaling street, atau naik taksi dr KL Sentral ke Petaling Street juga sudah dekat kok.

    ReplyDelete
  28. hello pak indra..
    maw tanya .. kalo dari citin pudu / daerah terminal puduraya ke LCCT malem hari naik taxi kira" harga nya berapa yah ? & ke sunway lagoon ?
    atau ada alternatif laen ?
    thanks infonya .. =)

    ReplyDelete
  29. Hi pak Indra ... tahun depan pertama kalinya kita ke Kuala Lumpur ber lima secara Backpacker :D
    Kalau kita nginap di daerah Bukit Bintang dan pada hari pertama mau ke KLCC, hari kedua mau pergi Pasar Seni dan ke China Town / Petaling street, hal itu bisa ditempuh dengan jalan kaki kan? atau cukup jauh? berapa lama jika ditempuh dengan jalan kaki dari bukit bintang ke KLCC dan berapa lama jika ditempuh dengan jalan kaki dari Bukit Bintang ke Pasar Seni?
    Thx so much atas perhatiannya ya

    ReplyDelete
  30. pak indra, mo tanya dong kl Jl. Imbi (Rosewood Resd)lokasinya strategis gak ? (kl mo jln ke Ptronas, alor, china town, dll) soalnya bw ortu & ank2, thks.... any suggest hotel pak yg strategis ?

    ReplyDelete
  31. Jalan Imbi cukup strategis, jalan tersebut dekat dgn pusat perbelanjaan di KL, tapi agak jauh kalau jalan ke Petronas Tower, bisa diatasi dengan naik monorail atau kereta api.

    ReplyDelete
  32. Buat anonymous backpacker: Dekat kok dari tempat anda menginap ke daerah2 yg anda ingin tuju, jalan kaki mungkin gak sampai setengah jam.

    ReplyDelete
  33. Pak Indra, sy mau tanya kalo dari puduraya ke daerah puchong seberapa jauhnya dan butuh brp lama? kalo ke daerah puchong bisa naik apa yg mudah dan kalo naik taksi kira2 biaya berapa?
    mohon infonya ya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jauuuh pak, naik taksi mahal, cari jalan lain saja naik bis atau kereta.

      Delete
  34. Pak indra,
    salam kenal,
    sy berencana ke KL minggu depan.mohon infonya :
    1. KL sentral ke jl.pudu sebaiknya naik apa?
    2. dr jl.pudu ke sunway lagoon lbh baik naik apa?
    3. Dr jl.pudu mau ke menara petronas.kl tower.china town dlm satu hari sebaiknya yg mana dl ya dan naik apa ?

    Thx

    ReplyDelete
  35. Hallo pak Indra Saya mau Tanya kl Saya Ingin menuju petronas Dari petaling street lbh baik naik apa ya? Dan sebaliknya dr petronas ke petaling street Dan kendaraan apa? Thanks

    ReplyDelete