Thursday, September 11, 2008

Jalan-jalan Ke Petronas Twin Towers Kuala Lumpur

Rasanya belum lengkap jika anda pergi ke Kuala Lumpur tapi belum berkunjung ke salah satu landmark di Malaysia ini. Petronas Twin Towers merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998. Tapi pada tahun 2004 rekornya dikalahkan oleh gedung Taipei 101 di Taiwan. Di Petronas Twin Towers ada sebuah jembatan Skybridge yang menghubungkan antara menara 1 dan menara 2 dimana Sean Connery dan Catherine Zeta Jones pernah berlaga di dalam film Entrapment pada tahun 1999.

Jika anda belum tahu, Petronas Twin Towers juga mempunyai tour nya tersendiri. Tour Petronas Twin Towers ini dimulai sejak hari Selasa s/d Minggu, tapi pada hari Senin ditutup. Tiket tournya gratis, dan anda harus mengambil sendiri tiketnya di lantai bawah gedung Petronas Twin Towers. Counter tiket mulai dibuka pada pukul 8.30 pagi, usahakan untuk datang lebih awal, soalnya antriannya biasanya panjang sekali. Jika anda mendapatkan tiket belum tentu anda dapat masuk ke Petronas Towers pada jam itu juga. Misalnya anda mendapatkan tiket pada jam 10 pagi, biasanya tiket tersebut diperuntukkan untuk jam 1 siang.

Tour ini dibagi dalam tiga tahap. Tahap 1, saat anda masuk, anda akan dipersilakan masuk ke bagian ruang tunggu sekitar 15 s/d 20 menit. Di ruang tunggu ini ada berbagai macam pameran yang cukup menarik. Misalnya sebuah multimedia tentang sejarah pembangunan Petronas Towers, simulasi apabila petir menyambar ke gedung, dll.

Tahap 2, setelah anda menunggu di ruang tunggu anda akan dipersilakan masuk ke sebuah teater kecil. Di dalam teater ini anda akan di berikan pertunjukkan 3D selama 15 menit tentang sejarah berdirinya gedung Petronas Twin Towers. Menurut saya pertunjukkan ini agak membosankan, dan lebih merupakan iklan terselubung tentang perusahaan minyak Malaysia yaitu Petronas.

Tahap 3, anda akan bersiap-siap menuju ke Skybridge di tingkat 42. Saat ini juga anda akan diperiksa dengan menggunakan alat yang sama apabila anda masuk ke airport. Jadi sebaiknya tinggalkan barang-barang anda seperti pistol dan bom supaya tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan. Sebagai informasi, lantai tertinggi di Petronas Twin Towers adalah lantai 88, tapi karena alasan keamanan anda tidak akan dibawa ke lantai tersebut, tapi hanya ke lantai 42 di mana terdapat jembatan yang menghubungkan antara gedung Petronas 1 dan Petronas 2. Sebenarnya hal ini cukup menjengkelkan buat saya. Sebenarnya kita sebagai turis kan ingin berada di lantai tertinggi, kok cuma di bawa ke lantai 42 dan bukannya lantai 88?

Di jembatan Skybridge ini anda akan diberikan waktu selama 10 menit untuk berfoto-foto, setelah itu anda akan dipersilakan balik kembali ke lantai dasar. Untuk menuju Petronas Twin Towers cukup mudah, jika anda menggunakan kereta api, anda gunakan kereta api Putra LRT, stop di stasiun yang namanya KLCC, dari situ anda tinggal jalan kaki. Atau jika anda jauh dari stasiun kereta api, gunakan taksi dan bilang saja ke sopirnya Petronas Twin Towers atau KLCC (Kuala Lumpur City Centre).

Video pemandangan Kuala Lumpur dari Skybridge Petronas Twin Towers

1 comment:

  1. tiket tournya ini yang rebutan mulai jam 6 pagi (bukan jam 8:30)? banyak gak kebagiannya

    ReplyDelete