Wednesday, September 17, 2008

Dataran Merdeka & Sultan Abdul Samad Building

Dataran Merdeka merupakan tempat bersejarah bagi bangsa Malaysia dimana untuk pertama kalinya bendera kebangsaan mereka dikibarkan pada tanggal 31 Agustus 1957. Hampir setiap tahun upacara peringatan hari kemerdekaan mereka dirayakan disini. Di Dataran Merdeka juga terdapat tiang bendera yang tertinggi didunia (100 meter). Entah kenapa Bangsa Malaysia suka sekali dengan jargon-jargon 'terbesar', 'tertinggi' dan ter-ter lainnya.

Diseberang Dataran Merdeka terdapat gedung yang namanya Sultan Abdul Samad. Foto gedung inilah yang paling banyak digunakan oleh pemerintah Malaysia untuk mempromosikan turismenya. Sultan Abdul Samad Building berdiri sejak tahun 1897 dan merupakan gedung pemerintahan kolonial Inggris dahulunya. Sekarang gedung ini digunakan oleh pemerintah Malaysia sebagai kantor kehakiman.

Tidak banyak yang bisa dilihat disini, bagi anda yang suka gedung-gedung lama atau beromantisme dengan historisme, mungkin anda akan suka kesini, tapi bagi yang tidak sebaiknya tidak usah kesini. Hampir setiap hari bus-bus turis menurunkan ratusan penumpang kesini. Saya juga heran, daerah kayak begini aja bisa dibuat jadi daerah turis, memang saya akui Malaysia pintar ngejual dan mempromosikan dirinya sendiri. Indonesia kapan nih, jangan Bali melulu jadi andelan, Indonesia sebenarnya jauh lebih indah dari Malaysia alam dan nilai historisnya.

Untuk pergi kesini gunakan kereta api Putra LRT dan berhenti di stasiun Masjid Jamek. Dari stasiun Masjid Jamek anda sebaiknya tanya ke orang arah menuju Dataran Merdeka. Berjalan kaki akan memakan waktu sekitar 15 menit dari stasiun Putra LRT Masjid Jamek.

No comments:

Post a Comment