Sunday, December 21, 2008

Hiking di Forest Research Institute of Malaysia

Buat anda yang senang ber hiking ria, ada tempat yang dekat dari Kuala Lumpur, namanya FRIM (Forest Research Institute Malaysia), letaknya di Kepong, sekitar 16 km dari Kuala Lumpur. Di dirikan oleh koloni Inggris sejak tahun 1929, FRIM merupakan laboratorium hutan seluas 600 hektar yang juga merupakan tempat untuk mengadakan riset tentang hutan tropis di Malaysia.

Selain sebagai laboratoriumnya para cendekiawan, FRIM juga merupakan sarana rekreasi dan pendidikan. Hutan ini merupakan dareah yangg populer bagi orang lokal untuk mengadakan piknik, jogging, cycling, jungle track, bird watching dan bahkan wedding fotografi. Coba di Jakarta ada gak sih hutan seperti ini yang berjarak cuma 16 km dari pusat kota?

Sewaktu berkunjung kesana saya menyempatkan diri untuk melihat air terjun yang walaupun kecil tapi lumayan lah buat anak-anak saya bermain disana. Air terjun ini lah yang menjadi mata air untuk sungai yang mengalir membelah hutan tropis di FRIM. Sungainya sih tidak begitu besar dan juga tidak bersih-bersih amat, tapi ada aja orang dan anak-anak kecil yang bermain dan mandi di sungai tersebut.

Tidak jauh dari areal air terjun ada sebuah daerah yang namanya 'Kampung Jawa'. Di sana saya melihat sederetan rumah panggung dan beberapa rumah biasa. Saya tidak tahu apa maksudnya mereka memberi nama 'Kampung Jawa', atau memang orang-orang Jawa dulunya pada tinggal disitu?

Salah satu tujuan wisata yang dijual disini sebenarnya adalah perjalanan menuju ke Canopy Walk. Canopy Walk merupakan sebuah jalan jembatan buatan manusia yang dibuat di atas pohon, dimana anda akan bisa berjalan-jalan di atas pohon pada ketinggian 30 meter. Panjang Canopy Walk nya sendiri sekitar 50 meter. Sayangnya sesampainya disana kedua anak saya ketakutan, jadi saya malah tidak sempat menikmati pengalaman berjalan-jalan di atas pohon.

Untuk menuju ke Canopy Walk anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Untuk dewasa tiketnya RM 5, pelajar (umur 13 tahun ke atas) RM 3 dan untuk anak-anak (7 s/d 12 tahun) biayanya RM 1. Canopy Walk ini buka setiap hari dari jam 9.30 s/d 14.30, tapi hari Senin dan Jum'at tutup. Anda juga sebaiknya mengenakan sepatu dan pakaian hiking karena perjalanannya cukup jauh, sekitar 1.4 km totalnya. Selama 900 meter pertama, jalan yang akan kita lalui cukup besar, muat untuk satu mobil lah kira-kira, tapi perjalanan selanjutnya sekitar 500 meter jalannya kecil, hanya setapak dan mendaki terus.

Satu lagi yang penting adalah jangan lupa untuk membawa lotion pengusir nyamuk, payung (kalau lagi musim hujan) dan air putih, karena sepanjang perjalanan menuju Canopy Walk tidak ada tuh yang namanya penjual minuman. Perjalanan ke Canopy Walk akan memakan waktu sekitar 30-45 menit one way. Total jendral perjalanan bolak-balik mungkin sekitar 2 jam. Jangan bawa kakek-nenek atau mertua anda, bisa-bisa gempor mereka nanti, kecuali fisiknya kuat. Kunjungan ke FRIM ini cocok bagi anda yang gemar berpetualangan di outdoor, kuat berjalan kaki serta mencintai alam hutan asri. Kapan lagi anda bisa menikmati hutan setelah selama ini terkurung oleh kehidupan kota yang semakin padat dan sempit? Untuk menuju FRIM anda bisa menggunakan kereta api KTM dari Kuala Lumpur dan stop di stasiun Kepong. Dari stasiun Kepong anda bisa melanjutkan perjalanan dengan taksi. Atau kalau malas naik kereta api, anda naik taksi saja dari Kuala Lumpur langsung, gak jauh-jauh amat kok, cuma 16 km. Website tesmi FRIM bisa anda akses disini.

1 comment: