Tuesday, December 16, 2008

Beli Oleh-oleh di Kompleks Kraf (Craft Complex)

Kompleks Budaya Kraf merupakan salah satu tempat di Kuala Lumpur untuk belanja serta belajar tentang pernak-pernik kesenian/budaya Malaysia seperti, sarung, batik, lukisan dan berbagai macam handicraft. Kalau di Jakarta mungkin tempat ini bisa disamakan dengan Sarinah Thamrin lantai 4, tapi rasa-rasanya lebih bagus di Sarinah Thamrin deh barang-barangnya.

Kompleks Kraf ini terletak di daerah segitiga emasnya Kuala Lumpur, Bukit Bintang, jadi jika anda tinggal di sekitar Bukit Bintang tidak ada salahnya untuk mampir kesini. Adapun beberapa hal yang bisa anda lihat disini di antaranya adalah:

Craft Museum
Di museum ini anda bisa melihat sejarah kebudayaan Malaysia dengan menggunakan diorama sebagai mediumnya. Anda disini juga bisa melihat alat-alat tradisional yang digunakan untuk menghasilkan karya seni Malaysia.

Craft Shops
Disini juga terdapat beberapa toko suvenir yang menyediakan berbagai macam handicraft, batik, kain songket serta pelbagai cendera mata.

Wakaf
Tempat perisitirahatan tradisional asal Kelantan yang mirip rumah panggung dan terbuat dari kayu.

Craft Village
Disini anda bisa belajar secara langsung tentang tata cara pembuatan handicraft seperti cara membuat batik dan juga keramik. Anak-anak disini bisa belajar melukis dengan biaya sekitar RM50.

Artists Colony
Konsep dasar tempat ini mirip seperti kampung, dan juga merupakan tempat para artis lokal menunjukkan hasil karya serta kebolehan mereka dalam membuat hasil karya seni.

Bagi saya pribadi kalau anda mau mencari barang-barang seni yang lebih murah di Kuala Lumpur sebaiknya anda pergi ke Central Market saja, di sana harganya menurut saya lebih murah daripada di Kompleks Kraf. Kompleks Kraf mungkin lebih ditujukan ke upper market atau turis-turis bule yang gak ada masalah mengeluarkan kocek dollar nya.

Kompleks Kraf yang terletak di Jalan Conlay ini akan lebih mudah dicapai dengan menggunakan taksi, atau jika hobi berjalan kaki anda bisa menggunakan kereta api monorail dan berhenti di Bukit Bintang, dari sana anda tinggal jalan kaki sekitar 20 menit.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment