Wednesday, January 21, 2009

Taman Tasik Perdana atau Lake Garden

Taman Tasik Perdana atau Lake Garden merupakan sebuah taman seluas 104 ha yang terletak di kota Kuala Lumpur. Taman Tasik Perdana katanya merupakan peninggalan negara Inggris yang sudah ada sejak tahun 1880 dulu. Di taman ini anda bisa piknik, jogging, mendayung perahu di danau buatan atau sekedar jalan-jalan menikmati pepohonan yang rindang.

Beberapa tempat yang layak anda kunjungi di taman ini antara lain adalah:

Birk Park

Masuk ke Bird Park hampir sama seperti kita masuk ke sebuah sarang burung, hanya sarang burung yang bakal kita masuki ini adalah sebesar 21 are. Makanya Bird Park seringkali di gembar gemborkan oleh turisme Malaysia sebagai sarang burung terbesar di dunia. Bird Park juga merupakan rumah bagi 3000 burung yang terdiri dari 200 spesies burung lokal maupun asing.

Dengan konsep 'free flight'nya ini, kita bisa melihat berbagai tipe burung tanpa harus melihatnya dari sangkar. Jadi tidak heran jika kita berjalan-jalan di Bird Park kita bisa melihat burung cenderawasih lagi nongkrong di pinggir jalan atau bebas bersliweran di tengah jalan. Hanya burung-burung yang masuk kategori liar saja biasanya yang ada di dalam sangkar, seperti burung unta dan burung-burung liar lainnya.

Di antaranya yang menarik disini adalah Bird Show, sebuah pertunjukkan burung. Pertunjukkan ini ada setiap hari pada pukul 12.30 dan 15.30. Di sini ada juga restauran dan souvenir shop. Di Bird Park, sebaiknya anda gunakan topi, karena burung-burung dengan bebasnya buang hajat sembari terbang dan banyak juga kotoran burung bertebaran di sepanjang jalan. Harga tiket masuk ke Bird Park buat saya cukup mahal, untuk dewasa RM 39 dan untuk anak-anak RM 29.

Taman Anggrek atau Orchid Garden

Orchid garden ini letaknya persis di seberangnya Bird Park, jadi jika anda ke Bird Park sebaiknya sempatkan diri anda untuk mampir ke Orchid Garden. Orchid Garden merupakan taman anggrek seluas 1 ha. Anda disana bisa melihat pelbagai bunga anggrek, belajar tentang anggrek dan juga belanja bunga anggrek di outlet yang sudah disediakan. Bagi penggemar bunga anggrek tempat ini layak untuk dikunjungi. Biaya masuk gratis, hanya di hari-hari libur saja anda harus membayar RM 1.

National Planetarium

Mungkin agak mirip dengan planetarium di TIM Jakarta, tapi kayaknya lebih banyak yang bisa dilihat di sini dibandingkan dengan planetarium Jakarta. Di hall utama ada berbagai pameran yang cukup menarik, kita bisa melihat mesin roket Arianne IV, bermain-main di ruang blackhole, duduk di kokpit space shuttle dan menggunakan atau mensimulasikan beberapa peralatan angkasa luar.

Yang cukup mengherankan saya adalah kok ada pakaian batik dan alquran yang dipajang di ruang pameran. Setelah baca keterangannya saya baru ngeh kalau batik dan Alquran tersebut merupakan barang yang ikut dibawa oleh astronot pertama Malaysia yang berangkat sekitar tahun 2008 lalu ke luar angkasa.

Di sini juga ada pertunjukan theater film persis seperti di TIM Jakarta, filmnya biasanya tentang planet, matahari, bintang, dll. Planetarium ini buka setiap hari dari jam 9.30 s/d 16.30 kecuali hari Senin. Biaya masuk planetarium ini kira-kira sekitar RM 2 atau RM 3 per orang. Untuk nonton film theater beda lagi tiketnya.

Butterfly Park

Sebuah taman kupu-kupu dimana anda bisa melihat dan belajar tentang kupu-kupu secara lebih dekat. Taman ini mirip seperti bird park dimana anda akan masuk ke sebuah sangkar besar sehingga kupu-kupu nya tidak bisa terbang kemana-mana, hanya taman ini jauh lebih kecil saja.

Di sini ada sekitar 6000 kupu-kupu dari sekitar 120 spesies dan 15000 jenis tanaman sebagai tempat hidupnya kupu-kupu. Selain itu juga ada museum kupu-kupu dimana anda bisa melihat berbagai macam insek seperti tarantula dll. Taman ini buka setiap hari dari jam 9 pagi s/d 18.00.

Harga tiketnya untuk dewasa RM 18 dan untuk anak-anak RM 8. Biaya tambahan jika anda membawa kamera digital adalah RM 1 dan untuk kamera video RM 4.

Lain-lain

Tempat yang cukup menarik juga disini dan gratis adalah sebuah taman dimana anda bisa menyewa perahu untuk keliling danau buatan dan juga beberapa tempat playground untuk anak-anak. Harap diingat cuaca disini hampir sama dengan di Jakarta, jadi kalau main di taman siang-siang bolong bakalan membuat anda kegerahan juga.

Di sini juga ada Deer Park, tempat di mana anda bisa melihat rusa berkeliaran bebas, atau Monumen Nasional sebuah taman peringatan bagi pahlawan Malaysia yang letaknya di seberang jalan Taman Tasik Perdana. Menurut saya Monumen Nasional ini tidak menarik, tapi tetep saja banyak bus turis parkir di sini. Emang Malaysia pinter ngejual paket turismenya.

Tempat yang lumayan fun juga disini adalah danau buatan dimana anda bisa menyewa perahu, cycling boat atau pedal boat dengan harga yang relatif murah selama 1 jam. Penyewaan perahu ini buka dari pukul 9 pagi s/d 12 siang. Tutup selama 2 jam dan buka lagi jam 2 siang sampai jam 5 sore. Relatif murah kok, sejam hanya sekitar RM 3 untuk pedal boat, dan muat untuk 2 orang dewasa dan 2 anak kecil. Fun, asal anda tidak males genjotnya aja!

Untuk menuju ke Taman Tasik Perdana sebaiknya anda gunakan taksi saja. Kalau tidak macet paling hanya sekitar 15 menit kalau berangkat dari Petronas Tower. Di dalam taman juga sebenarnya disediakan angkutan gratis untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain di taman, hanya jarang muncul saja, jadi anda siap-siap aja deh untuk berjalan kaki dan jangan lupa bawa payung dan air minum, panasnya ampun deh kalau siang-siang dateng!

Video Bird Park di Taman Tasik Perdana (Lake Garden)



No comments:

Post a Comment