Thursday, January 8, 2009

Naik Kereta Api Dari Kuala Lumpur ke Singapura

Banyak cara menuju Singapura dari Kuala Lumpur, selain menggunakan pesawat dan bis, di antaranya adalah dengan menggunakan kereta api. Di awal tahun 2009 ini saya mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Singapura dari Kuala Lumpur. Karena sudah pernah menggunakan pesawat terbang dan juga bis ke Singapura, saya bersama istri saya akhirnya memutuskan untuk mencoba menggunakan kereta api.

Kereta api yang saya gunakan saat itu adalah kereta api yang namanya Kereta Api Ekspres Senandung Malam, wah namanya puitis sekali yah? Sesuai dengan namanya, Kereta Api Ekspres Senandung Malam ini berangkat malam hari pukul 21.20 dari Kuala Lumpur dan sampai di Singapura pukul 8.15 pagi esok harinya. Tiket kelas yang saya ambil adalah tiket kelas VIP, dimana kita akan mendapatkan kamar sendiri dengan dua tempat tidur serta kamar mandi khusus sendiri lengkap dengan shower air panas dan toilet duduk.

Tepat pukul 21.20 malam, kami semua dipanggil untuk masuk ke kereta api. Saya hitung-hitung gerbong kereta apinya ada sekitar 15 gerbong. Begitu tiba di gerbong kereta dan masuk ke ruangan VIP nya, wah rasanya kok beda yah, tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Tempatnya lebih kecil dari yang saya bayangkan dan rasa-rasanya kamarnya kurang terawat dan beberapa perabotnya terlihat sudah agak tua. Dan sialnya lagi begitu mau nyalain TV, ternyata ada tulisan di bawah TV nya yang menyatakan bahwa saat ini TV tidak bisa di gunakan. Sial, saya pikir, kalau tidak bisa tidur dan tidak ada TV bakalan manyun deh...

Tepat pukul 21.35 kereta api mulai bergerak dan tak beberapa lama kemudian petugas kereta api datang untuk memberikan formulir imigrasi serta memberikan kita menu makanan. Menu nya saat itu cuma ada dua, nasi goreng dan mie goreng. Saya pilih nasi goreng, dan oh ya, untuk tiket kelas VIP ini kita bakalan mendapatkan jatah makan malam dan juga makan pagi gratis. Jam 22.00 nasi goreng datang dan langsung saya makan, lumayan lah rasanya, not bad at all.

Selesai makan dan terasa kenyang rasa ngantuk pun menyerang, saya coba untuk menidurkan diri. Tapi entah karena kereta api nya yang bergoyang-goyang terus dan tiap jam berhenti di tiap stasiun, di tambah lagi peluit kereta apinya yang cukup rajin berbunyi, saya dan istri saya malah tidak bisa tidur sepanjang jalan. Dan lagi AC nya yang super dingin dan tidak bisa di atur karena di kontrol secara sentral ini membuat kita semakin susah tidur karena kedinginan walaupun sudah disediakan selimut. Sialnya lagi TV rusak, jadi saya cuma bisa bengong2 atau baca2 majalah basi saja di kamar sepanjang malam.

Sekitar jam 5.10 pagi pintu di ketuk oleh petugas kereta api dan dia bilang bahwa kita harus menyiapkan passport serta formulir imigrasi. Lima menit kemudian sekitar jam 5.15 pagi kita sampai di stasiun kereta api sekaligus kantor imigrasi Malaysia di Johor Baru. Kemudian petugas imigrasi Malaysia datang, gendut dan tidak ramah. Karena tidak punya formulir kedatangan ke Malaysia kita berdua malah di omel-omelin oleh petugas imigrasi, penjelasan kita yg sebenarnya masuk akal malah tidak diterima oleh dia, malah kita berdua tambah di omel-omelin.

Malas untuk berargumentasi lebih panjang akhirnya saya turun dr kereta dan menuju kantor imigrasi di stasiun dan mengisi formulir kedatangan, kali ini petugasnya lebih ramah dan murah senyum. Formulir kedatangan ini adalah formulir saat anda mau masuk ke negara Malaysia, jadi harap anda tidak menghilangkannya. Saat pemeriksaan kantor imigrasi Malaysia di kota Johor Baru ini, kita tidak harus turun dari kereta api, karena justru petugas imigrasinya yang akan datang ke tiap gerbong kereta.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 1.5 jam di sini, pada pukul 6.40 pagi kereta api pun bergerak lagi menuju kantor imigrasi Singapura di Woodlands, Singapura. Sekitar pukul 6.45 atau lima menit kemudian kita sampai di kantor imigrasi Singapura. Nah disini kita harus buru-buru turun dan siapkan semua barang-barang anda untuk di cek di kantor imigrasi Singapura. Saya sendiri pertama kali tidak ngeh kenapa orang-orang pada berlarian turun dan tergesa-gesa dari kereta api sambil membawa barang-barang, ternyata mereka berbuat seperti itu karena ingin cepat-cepat dapat antrian pertama di loket kantor imigrasi Singapura.

Untungnya gerbong kereta api saya yang VIP ini berhenti tepat di depan kantor imigrasi, jadi saya tidak usah lari-lari seperti mereka yang di kelas gerbong yang lebih rendah. Di kantor imigrasi Woodlands Singapura ini saya tidak ada masalah tapi yang bermasalah malah istri saya, karena masa berlaku passportnya tinggal 5 bulan lagi. Informasi juga bagi anda, cek kapan kadaluarsanya passport anda, sebab 6 bulan adalah angka minimal. Sebaiknya anda perpanjang dulu passport anda sebelum pergi ke luar negeri. Untungnya istri saya bisa mendapatkan visa juga dengan wanti-wanti dari petugas imigrasi supaya memperpanjang passport secepatnya.

Di stasiun Woodlands Singapura anda bisa memilih untuk keluar dari stasiun atau tetap melanjutkan perjalanan ke stasiun Tanjung Pagar di Singapura. Stasiun Tanjung Pagar ini dekat dengan daerah Orchard Road atau Marina Bay, sedangkan stasiun Woodlands agak jauh dari pusat kota Singapura. Saat itu saya memutuskan untuk tidak keluar dari stasiun Woodlands dan meneruskan perjalanan ke stasiun Tanjung Pagar, Singapura.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 55 menit di kantor imigrasi Singapura, kereta api pun berangkat lagi menuju stasiun Tanjung Pagar pada pukul 7.40 pagi. Sekitar jam 8.25 pagi (lebih lambat 10 menit dr jadwal) akhirnya sampai juga kita di stasiun Tanjung Pagar, Singapura. Total jendral lama perjalanan naik Kereta Api Ekspres Senandung Malam dari Stasiun KL Sentral Kuala Lumpur sampai ke Stasiun Tanjung Pagar Singapura adalah sekitar 11 jam! Ditambah lagi saya tidak bisa tidur semalaman, ini badan rasanya remuk redam deh. Setelah mengalami ini, dua hari kemudian saya memutuskan untuk tidak kembali ke Kuala Lumpur dengan menggunakan kereta api, tapi dengan menggunakan bis yang lama perjalanannya hanya sekitar 4.5 jam saja!

Bagi anda yang tipe 'nempel bantal dikit molor' dan bisa tidur lelap di kereta api yang dingin, berisik dan bergoyang-goyang terus dan juga mau menghemat biaya penginapan hotel, perjalanan naik kereta api malam ini saya rasa lumayan lah. Tapi buat orang yang susah tidur di tempat baru seperti saya ini, jangan naik kereta api malam ini deh, capek banget rasanya. Ambil saja kereta api yang pagi atau siang!

Kalau di lain waktu saya harus memilih apakah akan menggunakan bis atau kereta api dari Kuala Lumpur ke Singapura, saya pasti memilih untuk menggunakan bis saja, lama perjalanannya hanya 4.5 jam dan di kantor imigrasi kalau menggunakan bis cuma membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dan tidak berjam-jam seperti jika kita menggunakan kereta api. Yah anda hitung saja sendiri, jika anda naik bis, berapa penumpang sih paling yang harus turun dan diurus di kantor imigrasi, paling banyak hanya 50 orang, coba bandingkan dengan jumlah penumpang kereta api sebanyak 15 gerbong? Cek artikel saya tentang naik bis dari Kuala Lumpur ke Singapura disini.

Tiket kereta api ini bisa anda beli/pesan lewat internet di website nya KTMB disini. Begitu anda buka websitenya KTMB anda cari daerah origin anda 'Sentral Kuala Lumpur'.

Waktu itu harga tiket VIP yang saya beli adalah RM 250 untuk 2 orang. Rinciannya tempat tidur bawah RM 135 dan tempat tidur atas RM 115. Ada beberapa klas/tipe tiket untuk gerbong kereta apinya, ada yang memakai tempat tidur (berth) ataupun hanya tempat duduk (seat) saja, anda tinggal pilih sesuai dengan budget anda sendiri. Di website KTMB juga ada foto-foto contoh ruangan untuk tiap kelas tiketnya.

Kalau anda tidak mau nginep semaleman di kereta api anda juga bisa menggunakan Kereta Api Ekspres Sinaran Pagi, berangkat jam 8.30 dari Kuala Lumpur dan sampai pukul 16.05 di Singapura. Atau Kereta Api Ekspres Rakyat, berangkat jam 14.00 dari Kuala Lumpur dan sampai pukul 21.30 di Singapura.

Berikut kira-kira rincian perjalanan dengan menggunakan Kereta Api Ekspres Senandung Malam:

21.20 -------> Masuk/boarding kereta api
21.35 -------> Kereta api berangkat
22.00 -------> Makan Malam
5.10 --------> Dibangunin petugas dan dikasih makanan kecil serta persiapan untuk pemeriksaan passport di kantor imigrasi Malaysia di Johor Baru
5.15 --------> Sampai di kantor imigrasi Malaysia di Johor Baru, tidak usah turun karena petugas imigrasi akan datang ke tiap gerbong kereta api
6.40 --------> Berangkat ke kantor imigrasi Singapura di Woodlands
6.45 --------> Sampai di kantor imigrasi Singapura di stasiun Woodlands, segera turun dan bawa barang-barang anda untuk di cek di kantor imigrasi Singapura.
7.40 --------> Berangkat ke Stasiun Kereta Api Tanjung Pagar di Singapura
8.25 --------> Sampai di Stasiun Kereta Api Tanjung Pagar di Singapura

Video perjalanan kereta api dari Singapura ke Kuala Lumpur


15 comments:

  1. dear bro,

    saya dan teman2 akan berencana holiday tepatnya 28 oct 2009 nanti.
    tp kami sdh pesan tiket airasia yg berangkat malam. yg pasti kami akan tiba sekitar pkl 20.00 wkt KL. nah, kami planningnya langsung brgkt ke SIN malam itu juga. boleh gak yah???

    kira2 dengan menggunakan transportasi Train, masih menungkinkan kah melihat dr jam tibanya kami di airport KL???

    jika ada saran yg lain yg memungkinkan buat kami bisa melanjutkan perjalanan ke SIN malam itu juga, boleh dong rekomendasinya. tks ya bro.

    ReplyDelete
  2. Kalau sampai di KL jam 20.00 kayaknya kereta api malemnya enggak kekejar tuh. Karena setahu saya kereta api malam berangkat jam 21.30. Walaupun sebelumnya udah beli tiket kereta lewat internet yah, karena dari airport KL ke Stasiun kereta jaraknya jauh, sekitar 1 jam perjalanan. Coba naik bus malam saja. Cek di blog saya soal naik bus ke Singapur deh.

    ReplyDelete
  3. mas,mau tanya nih..
    formulir kedatangan ke Malaysia itu apa yah? trus dapetnya dimana? apa pas kita masuk malaysia? atau gimana?
    thx before

    ReplyDelete
  4. Formulir kedatangan Malaysia biasanya diberikan di dalam pesawat sesaat sebelum mendarat atau bisa juga di airport Malaysia.

    ReplyDelete
  5. mantap. penjelasannya runtut sekali, bagus buat panduan. thanks a lot.

    eniwe, ditunggu liputan utk negara lain dan atau bahkan panduan wisata di indonesia

    ReplyDelete
  6. Halo mas...

    September in saya dan keluarga berencana berlibur ke Malaysia dan Singapur. Kita berangkat dari Jkt dengan Air Asia yg sampai di KL jam 11 malam. Saya belum pernah ke KL sebelumnya. Karena kita harus menunggu Kakak dari India, yg akan sampai di KL sekitar jam 4 subuh, jadi kami berencana untuk menunggu di airport saja. Apakah bandaranya menyediakan tempat sofa2 yg bisa dipakai tidur?

    Rencananya kita hanya 1 malam saja di KL. Kemana saja yah tempat yg recomend dan bisa dikunjungi hanya dalam waktu 1 hari?

    Dan untuk perjalanan KL-SIN lebih cepat dengan bus atau Kereta yah? Apakah dengan bus jg cukup convi, karena ada baby...

    Makasih yah responnya...

    -Led-

    ReplyDelete
  7. mau tanya kalau train ke spore dr KL tarifnya berapa?kalau di KL n spore aa buku panduan tempat wisatanya gak ya??kalau ada dmana bisa dapetinnya ya?Thx

    ReplyDelete
  8. Coba cek di http://www.ktmb.com.my utk harga tiket kl ke spore.

    ReplyDelete
  9. Thanks infonya ya mas, sangat membantu. Minggu depan saya mau ke penang. Rencananya malam mau lanjut ke singapore lewat darat. Tapi masih bingung, naik apa dan beli tiketnya dimana. Saya cari transport yang nyampek ke singapore pagi, biar irit hotel. Tolong bantu ya mas, baiknya naik bus atau KA. Dan di penang, dimana beli tiketnya (tiket langsung, bukan online) thans before

    ReplyDelete
  10. Hallo,
    saya donie, rencananya pertengahan September ini saya bakal ke Thailand dari Sentral KL. Sy sudh beli tiket lewt online. yg saya mau tanyakan, bagaimana mekanisme di stasiunnya nnti? krn tiket sy khan sy beli online..sy harus ke counter mananya,ato gmna Mas? Sya baru pertama kali pergi mnggunakan kereta dengn pemesanan online..maaf sebelumnya jika prtnyaannya terlalu dangkal,maklum, newbie..

    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Halo Donie sori telat jawabnya, kalau udah punya tiket online langsung aja ke stasiunnya atau kalau ragu2 bisa tanya ke counternya dan tunjukkan tiket onlinenya.

    ReplyDelete
  12. Saya dan teman2 berencana naik kereta dari Singapore ke Kuala Lumpur. Untuk booking ticket kereta online dimana ya>

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Dear Indra,
    Saya dan teman2nya saya berencana naik kereta dari Singapore ke Kuala Lumpur. Dimana saya bisa beli ticket kereta online.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Saya dan keluarga (2 dewasa 1 anak) berencana ke malaysia liburan sekolah nanti. Tiba di malaysia jam 21.45 trus kami rencananya naik sky bus ke KL Sentral.
    Dari situ, kalau mau langsung ke singapura ada transportasi gak yah?
    Atau klo mau ke daerah bukit bintang, dari KL Sentral naik apa yah?
    Terima kasih.

    ReplyDelete