Sunday, November 9, 2008

Naik Bis Ke Singapura Dari Kuala Lumpur

Bosen nguplek-nguplek di kota Kuala Lumpur, ingin mencoba mampir ke negara paling dekat dari Malaysia yaitu Singapura? Saat ini sebenarnya sudah ada penerbangan murah Air Asia dari kota Kuala Lumpur ke Singapura, mungkin sekitar 1 jam lamanya penerbangan, tapi kalau anda ingin lebih menghemat kocek dan saving untuk belanja habis-habisan di Singapura sebaiknya anda naik bis atau naik kereta api.

Pengalaman saya naik bus ke Singapura dari Kuala Lumpur adalah dengan menggunakan jasa perusahaan bus yang namanya Aeroline. Anda bisa langsung booking tiket anda untuk perjalanan dari Kuala Lumpur ke Singapura lewat website Aeroline dengan menggunakan kartu kredit, atau lewat website Aeroline Singapura jika anda berangkat dari Singapura menuju Kuala Lumpur. Kalau belum berubah, harga tiketnya adalah RM90 untuk dewasa one way dan untuk anak-anak RM65 one way. Kalau ingin kembali lagi ke Kuala Lumpur sebaiknya anda booking tiket return sekalian, kalau tidak, wah, anda bisa kehabisan tiket, apalagi di hari-hari libur.

Perjalanan naik bus ke Singapura akan memakan waktu sekitar 4.5 jam, tapi kalau anda kebagian sial kena macet bisa-bisa baru 6 atau 7 jam anda baru sampai ke Singapura. Jalan yang mnghubungi kota Kuala Lumpur dan Singapura merupakan jalan tol sepanjang 350 km, perjalanannya bagi saya agak membosankan karena kita hanya melihat pemandangan di sekitar jalan tol saja, tidak ada gunung atau pemandangan yang menarik.

Untungnya bus Aeroline yang merupakan bis double decker ini menyediakan sarana hiburan seperti TV di lantai atas dan cafe di lantai bawahnya. Jadi kalau anda bosan duduk dan nonton TV terus di atas anda bisa turun ke bawah dan nongkrong-nongkrong di cafe bawah. Bus ini juga menyediakan toilet, jadi anda tidak usah takut bakalan nahan-nahan kencing. Di tengah-tengah perjalanan biasanya bis akan berhenti di tempat istirahat khusus, jadi anda bisa makan-makan dan menghilangkan pegal dengan senam-senam sedikit di luar. Oh ya, anda juga akan mendapatkan jatah makanan dan minuman sebagai salah satu servis dari Aeroline. Makanannya biasanya nasi lemak atau steak dengan rasa yang standart.

Sesampainya di Singapura anda bakalan berhenti di dua kantor imigrasi, yang pertama adalah kantor imigrasi Malaysia dan yang kedua adalah kantor imigrasi Singapura, kedua kantor imigrasi ini jaraknya berdekatan satu sama lain. Di kantor imigrasi
Malaysia passport anda akan dicap dan anda akan dinyatakan keluar dari negara Malaysia, dan seingat saya anda tidak harus menurunkan barang-barang atau tas anda untuk di cek oleh petugas imigrasi Malaysia. Selanjutnya di kantor imigrasi Singapura passport anda akan dicap dan dinyatakan boleh masuk ke Singapura selama 7 hari, dan anda diwajibkan untuk menurunkan barang -barang anda dari bis untuk diperiksa oleh petugas imigrasi.

Bis Aeroline yang saya tumpangi berangkat dari Hotel Chorus, persis di depan gedung Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur dan tiba di Harbor Front Centre, Singapura. Harbor Front Centre merupakan pelabuhan kapal di Singapura, terutama kapal-kapal pesiar. Dari pelabuhan ini anda bisa meneruskan perjalanan ke tengah kota Singapura dengan menggunakan kereta api dalam kota. Bis Aeroline di Kuala Lumpur bukan hanya ada di Hotel Chorus dekat Petronas Twin Towers saja, tapi ada juga di daerah Petaling Jaya dan Sunway.

Bis Aeroline menurut saya cukup mahal harganya, yaitu sekitar RM90 one way, anda bisa coba cek harga bis yang lebih murah sampai harga RM30 disini. Banyak pilihan bis, ada yang bertingkat, ada yang menyediakan fasilitas TV di tiap tempat duduknya, ada yang menyediakan tempat duduk yang bisa memijat, dll.

Alternatif lain pergi ke Singapura adalah dengan menggunakan kereta api. Lama perjalanannya antara 8 s/d 11 jam. Coba anda baca pengalaman saya naik kereta api malam dari Kuala Lumpur ke Singapura disini.

10 comments:

  1. hallo,
    thanks banget ya mas..blog-nya informatif sekali..:) salam kenal, saya shanty dari jakarta mau tanya dong...saya berencana naik pesawat dari singapore ke KL tapi pulangnya mau coba naik bus aerolines yang mas review di blog ini. kita bisa beli ticketnya on the spot nggak ya, mas? atau hanya bisa beli online? thanks...

    ReplyDelete
  2. Halo Shantz, ya kita bisa beli tiketnya on the spot, cuma resikonya bisa kehabisan tiket aja kalau mau berangkat di hari yang sama. Apalagi di week end day, biasanya full.

    ReplyDelete
  3. hmm...week day sih perginya, hari senin malah :) kami cuma mau day trip gitu rencananya mas...jadi pakai flight pagi ke KL, pinginnya pulang naik bis back to SG tergantung selesainya "pusing pusing" di malaysia ini ;)makanya pingin beli ticket busnya on the spot aja. make sense nggak tuh? Atau barangkali ada saran, mas Indra?

    ReplyDelete
  4. Kalo bukan week end sih kayaknya mungkin aja on the spot, coba aja lah, lagian kalo kehabisan tiket bis Aeroline masih bisa nyoba bis lain yg malah lebih murah.

    ReplyDelete
  5. wehhhh ada bis yang lebih murah?? *semangat ibu ibu mode: ON* hehehhe...kalo yang well recommended yang mana nih mas? trus si tiket on the spot itu belinya dimana sih mas? hehehe sorry pertanyaannya banyak banget ya mas? maklum, first timer :) thanks sebelumnya lho.

    ReplyDelete
  6. Tiket on the spot yg Aeroline belinya di Hotel Chorus, deket Petronas Twin Towers. Yg recommended? Wah susah juga yah, banyak soalnya perusahaan bis disini yg ambil trayek ke Singapura. Coba cek juga bis di Pasarakyat deket Petronas juga atau cek link http://www.journeymalaysia.com/ptasingapore.htm

    ReplyDelete
  7. Halo,
    mau nanya nih,misalnya kalau kita naik bis dari KL kan brangkatnya dri terminal,lokasi terminal nya ini di hotel chorus ya?
    terus,misal sesampainya di singapura,ntar kita dberhentikan dimana ya?daerah mana maksud saya?maklum,baru skali ini ke singapura,masih buta sama daerahnya.thanks 4 rep ^^

    ReplyDelete
  8. @Kelvin, ya mas halte busnya persis di depan Hotel Chorus. Kalo di singapur nanti berhentinya di
    Harbourfront Centre, deket pelabuhan kapal pesiar di Singapur. Disana juga ada kereta MRT.

    ReplyDelete
  9. Bulan jan 2012 saya brencana ke КĹŐº sm kluarga..mnurut kalian transportasi apa yg mudah digunakan slain taxi? Karna kita 6orang .. Dan tempat apa yg bguss untuk dikunjungi??

    ReplyDelete