Friday, November 21, 2008

Belanja di Bukit Bintang Area

Malaysia memang selalu tidak mau kalah dengan Singapura. Singapura punya kereta api LRT (Light Rapid Transit), Malaysia juga buat LRT, Singapura punya Orchard Road, Malaysia juga buat Bukit Bintang. Pokoknya Malaysia memang tidak mau kalah dengan Singapura. Bagus juga sih persaingan sehat, jadi kita-kita sebagai turis akan semakin termanjakan.

Bukit Bintang terletak di daerah segitiga emasnya Kuala Lumpur, lokasinya strategis karena dekat dengan Petronas Towers KLCC dan juga dengan pusat perbelanjaan turis seperti China Town dan Central Market. Saya disini akan mencoba membahas beberapa mall yang cukup populer di daerah Bukit Bintang di antaranya adalah Sungei Wang, Plaza Low Yat, Berjaya Times Square dan Lot 10. Sebenarnya ada dua mall lagi, tapi kalah populer, yaitu BB Mall dan Plaza Imbi. Ada juga mall baru tapi saya pernah tulis sebelumnya yaitu The Pavilion, letaknya di sekitar Bukit Bintang juga.

Sungei Wang
Sungei Wang merupakan mall yang menyediakan berbagai macam fashion untuk anak muda, asesoris fashion, DVD (bajakan sudah tidak ada lagi), suvenir, dekorasi untuk rumah dan lain-lain. Di lantai dasar anda akan menemukan berbagai macam outlet yang menjual handphone-handphone terbaru, harganya saya rasa tidak begitu jauh dengan Jakarta, walaupun katanya ada yang bilang bahwa Blackberry lebih murah disini sih.

Di lantai atas anda akan menemukan outlet yang menjual baju-baju yang menurut saya cita rasa fashionnya sangat Hong Kong style sekali, mungkin memang target marketnya anak-anak muda Cina Malaysia barangkali? Disini juga ada berbagai macam restoran dan toko mainan. Sungei Wang juga nyambung dengan BB Mall, mall yang mirip dengan Sungei Wang tapi tidak seramai Sungei Wang.

Plaza Low Yat
Nah, bagi anda yang gila gadget disinilah tempatnya. Disini menyediakan berbagai macam peralatan elektronik seperti sound system, handphone, TV, Playstation, kamera digital dan yang paling komplit disini adalah peralatan komputer. Bisa dibilang Plaza Low Yat ini merupakan Mangga Dua nya komputer di Kuala Lumpur. Hampir semua orang yang saya tanya di Kuala Lumpur pasti merujuk ke Plaza Low Yat untuk pembelian pernak-pernik komputer.

Lantai 3 dan lantai 4 merupakan pusatnya komputer. Untuk ngecek harga-harga komputer di Plaza Low Yat anda bisa cek di websitenya yaitu lowyat.net. Daftar harganya biasanya dalam bentuk PDF file atau image file. Ada dua toko yang saya suka kunjungi disini karena kita bisa bebas melihat barang-barangnya nya secara langsung, yaitu Sri Computer di lantai 3 dan All IT Hypermart di lantai 4. Bagi anda yang berniat mencari software bajakan jangan harap akan menemukannya disini, karena sejak tahun 2008 barang-barang bajakan sudah tidak dijual lagi disini. Ada mall lain juga yang menjual komputer dan dekat dengan Plaza Low Yat, namanya Plaza Imbi, tapi Plaza Imbi sepi dan kurang menarik bagi saya.

Berjaya Times Square
Berjaya Times Square merupakan mall super gede milik grup konglomerat Berjaya Group yg terletak terletak di seberang jalan Plaza Imbi. Ini mall besar sekali, sampai sekarang saya tidak pernah habis menjelajahinya. Outlet-outlet disini banyak juga yang international brand, tapi lebih banyak lagi barang-barang merk lokal.

Selain menjual berbagai macam barang yang tipikal seperti mall-mall di Jakarta, mall berlantai 10 ini juga menyediakan taman bermain indoor seperti mini Dufan tapi terletak di dalam ruangan. Taman indoor nya terbagi dua yaitu untuk remaja dan untuk anak-anak, masing-masing dipisahkan oleh beberapa lantai gedung.

Bagi pecinta buku disini juga terdapat toko buku Borders yang katanya merupakan toko buku Borders terbesar di Asia Tenggara. Saya betah disini berjam-jam, dan anak saya juga betah disini karena banyak menjual buku anak-anak yang menarik dan terkadang juga ada acara Reading Time. Borders juga nyambung ke Star Bucks, jadi anda bisa baca buku sambil ngupi-ngupi.

Lot 10
Lot 10 letaknya persis di seberang Sungei Wang, ia merupakan mall upmarket pertama di daerah Bukit Bintang yang dibangun sekitar akhir tahun 80 an. Untuk menyesuaikan diri dengan pembangunan mall di sekitarnya, pada akhir tahun 90 an mall ini di renovasi kembali.

Disini terdapat outlet seperti Isetan, Guess, Bodyshop, The Hour Glass, Royal Selangor, Dome Cafe, Standard Chartered financial spa, San Francisco Coffee, Cafe Societe, Delifrance, Page One, dll. Oh ya sekedar info, Body Shop di Kuala Lumpur katanya lebih murah daripada Body Shop yang di Jakarta. Kalau anda tidak suka belanja, anda bisa mencoba menelusuri daerah terkenal disini yang namanya 'Bintang Walk', letaknya persis di depan Lot 10.

Untuk menuju ke daerah mall-mall ngetop di jantung kota KL ini anda bisa menggunakan kereta api monorail dan berhenti di stasiun Bukit Bintang, atau kalau tidak mau repot-repot panggil taksi aja dan suruh supir taksinya ke Bukit Bintang area.

17 comments:

  1. Kalau hotel di sekitar bukit bintang namanya apa yah, yg murah tapi bagus?

    ReplyDelete
  2. numpang lewat..
    saya kurang setuju dgn pendapat anda ttg malaysia meniru singapura dari segi LRT dan juga Orchard road.saya tinggal di Kl sudah lebih 15 thn.dan masih ingat betapa sengsaranya jalanan macet jln sempit sblm lrt wujud.kesimpulannya lrt wajib ada utk mengrangkan kesesakan.bangkok juga punya skytrain tdk pernah dikaitkan sama mana2 negara.

    Bukit Bintang pula merupakan pusat pertokoan dan mesra pejalan kaki yg hampir setiap kota didunia ada.misalnya daerah MBK di bangkok,Opera di paris,Duomo di Milan,.Tapi Orchard tetap tidak sama dgn bukit Bintang.Orchard lebih upper class.toko yg mahal2,restoran yg benar2 proper.di BB semuanya ada.dari yg murah sampai ke super mahal.malah banyak hawker stall dimana2.dsh udah pasti lebih meriah setelah jam 10 mlm dibanding Orchard

    ReplyDelete
  3. Saya baru ke KL dan SIN minggu lalu. Kesimpulan saya : KL lebih bagus daripada SIN dalam segala hal. Sistem transportasinya lebih baik (kemana2 cepat dan mudah kalo di KL tapi di SIN semua antri dan sesak, juga mahallllnya minta ampun). harga2 lebih murah di KL. Tujuan wisata lebih beragam di KL. Pokoknya hidup KL, saya akan datang lagi :)

    ReplyDelete
  4. Saya baru jalan2 ke KL terus ke SIN minggu lalu. Menurut saya, KL skrg lebih bagus dalam segala hal dari SIN. Sistem transport lebih baik (ada bus yg bagus2, LRT, monorail, kereta cepat, dan tarifnya jauh lebih murah serta lebih nyaman). Semua harga2 di SIN jauh lebih gila daripada KL. Tujuan wisata juga jauh lebih beragam di KL. Pokoknya KL is better than SIN. Kalau cuma mau belanja, daripada ke SIN yg muahal muahal, lebih baik di mangga dua atau tanah abang aja, jauuuuh lebih murah hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya baru jalan2 ke KL terus ke SIN minggu lalu. Menurut saya, KL skrg lebih bagus dalam segala hal dari SIN. Sistem transport lebih baik (ada bus yg bagus2, LRT, monorail, kereta cepat, dan tarifnya jauh lebih murah serta lebih nyaman). Semua harga2 di SIN jauh lebih gila daripada KL. Tujuan wisata juga jauh lebih beragam di KL. Pokoknya KL is better than SIN. Kalau cuma mau belanja, daripada ke SIN yg muahal muahal, lebih baik di mangga dua atau tanah abang aja, jauuuuh lebih murah hehehe

    ReplyDelete
  6. Ok deh thanks informasinya...soalnya aku rencana mau liburan ke singapur trus ke KL...cuma ke singapur mu numpang foto aja di patung singa itu he he...belanja en main2nya mu di KL aja..

    ReplyDelete
  7. Ya, Mbak Yunina, met belanja deh di KL yah.

    ReplyDelete
  8. Pak Indra, awal Jan 2011 saya ber-4 dg anak istri mau ke KL terus ke Spore. Rencana dr KL ke Spore mau pakai KA, tapi setelah membaca pengalaman bapak, saya jadi ragu. Tapi kalau pakai bus kan siang hari, jadi waktu habis di jalan. Rencana tgl 4 ke KL dr Bdg dan menginap 1 mlm di KL, tgl 5 malam lanjut ke Spore pakai KA. Kalui ticket KA atau bus pesannya dimana (kalau tidak via internet)? Kapan sebaiknya beli ticket? kalau medadak takut kehabisan. Saya nginap di KL Central Bukit Bintang.(jajang)

    ReplyDelete
  9. Brapa hari sebelumnya harus beli ticket KA atau bus dr KL ke Spore? Apa bisa tak pakai kartu kredit? Dimana di Bukit Bintang bisa beli ticket tsb? Saya rencana ke KL terus ke Spore tgl 5 Jan 2010.

    ReplyDelete
  10. Coba aja pak beli tiket pake credit card lewat websitenya bus tersebut atau websitenya kereta api. Bagusnya sih beli sebelum hari H nya, apalagi kalo holiday season bisa2 gak kebagian tiket.

    ReplyDelete
  11. @Anaranaya: Tiket kereta bisa di beli di stasiun KL Sentral. Untuk tiket bus tergantung perusahaan busnya apa pak. Tapi coba stasiun bus di Pasar Rakyat (dekat Bukit Bintang) atau stasiun bus Pudu Raya (agak jauh sedikit dr Bukit Bintang.

    ReplyDelete
  12. Pak Indra,

    Saya ke KL tanggal 4 Jan, dan rencana ingin ke Genting tgl 6, bisa minta advisenya pak, kalau ke Genting sebaiknya naik Taxi atau Bus ? Saya total 5 orang (3 dewasa, 2 anak2).

    Kalau mau naek Taxi, lebih baik Taxi merk apa pak? Kalau di Indo kan Blue Bird lebih baik, kalau di sana merk apa pak ?

    Kalau naek Bus, kira2 per orang kena biaya brapa pak ? Dan harus kemana ?

    Thanks in advanced.

    ReplyDelete
  13. Pak Ryanto coba baca artikel saya tentang Genting, di sebelah kanan ada 'labels' terus klik 'Luar Kuala Lumpur' nanti disana ada artikel tentang Genting Highlands.

    ReplyDelete
  14. mau donk referensi hotel yang murah di sekitar BUKIT BINTANG...
    thanks bgt atas bantuannya...

    ReplyDelete
  15. Bukit Bintang banyak banget hotel murah pak, tapi saya tidak bisa rekomendasikan hotel yg mana, coba cari di google 'cheap hotel near bukit bintang'.

    ReplyDelete
  16. untuk membandingkan harga hotel di Bukit Bintang bisa melalui situs kami http://booking.asiahotelsreview1.com/Place/Bukit_Bintang_Kuala_Lumpur.htm

    Gratis!

    ReplyDelete
  17. numpang koment, baru tgl 6 Mei kmrn sya dr KL dan kebetulan nginap di bukit bintang. Disana bnyak hotel yg murah kok, klo rekomen di Irish hotel, letaknya di seberangnya KFC dan deket dgn stabuck bukit bintang. Dekat jg dgn KL Monorail, Jalan Alor (tmpt2 makan), dekat sungai weng, Lot 10, yah pokoknya deket kemana-mana..Disitu permalamnya klo ga salah ada yg 80RM untuk single, untuk tmpt family deluxe cuma 230RM (2bed besar), tp klo booking di hari sabtu minggu pasti akan naik harganya sekitar 20RM. Pelayanannya jg ramah dan bagus.

    ReplyDelete