Thursday, November 6, 2008

Sembahyang di Thean Hou Temple

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan wisata ke tempat-tempat ibadah/ritual dan ingin mengetahui lebih dekat tentang kuil Cina anda bisa mencobanya di Thean Hou Temple. Kuil yang bisa dibilang masih baru ini dibangun oleh komunitas Hainan pada tahun 1989 di kota Kuala Lumpur. Kuil ini didedikasikan oleh kaum Budha untuk menyembah dewa Tian Hou atau bisa dibilang the heavenly mother.

Jika anda kebetulan berada di kuil ini pada tahun baru Cina, yang biasanya jatuh di awal bulan februari, kuil ini menjadi amat indah karena dihiasi berbagai macam lampu-lampu dan pernak-pernik khas orang Cina. Apalagi jika anda datang di malam hari. Wow, rasanya kita seperti dibawa ke kurun waktu film-film kungfu jaman dahulu.

Kuil utamanya terbagi tiga, yang sebelah kanan adalah altar untuk menyembah dewa Guan Yin, the Goddess of Mercy, yang tengah adalah untuk menyembah dewa Tian Hou, the heavenly mother, dan yang sebelah kiri adalah dewa Shui Wei Sheng Niang, atau the Goddess of the Waterfront. Kita sebagai turis bebas masuk ke altar untuk berfoto-foto selama kita mencopot sepatu/sandal dan berlaku sopan. Kalau mau coba sembahyang dengan cara mereka juga boleh walaupun anda bukan agama Budha.

Untuk menuju kuil ini kita bisa menggunakan kereta api Putra LRT dan berhenti di stasiun KL Sentral, dari KL Sentral anda ambil taksi, lama perjalanan mungkin sekitar 5 s/d 10 menit. Bilang saja ke supir taksinya bahwa anda ingin pergi ke Thean Hou Temple di Robson Hill.

1 comment:

  1. Saya juga pernah kesini, tempat yg lumayan menarik buat dikunjungi.

    ReplyDelete