Sunday, October 12, 2008

Dari KLIA Airport dan LCCT Airport ke Kuala Lumpur

Airport kota Kuala Lumpur ada dua, yaitu LCCT (Low Cost Carrier Terminal) Airport dan KLIA (Kuala Lumpur International Airport) Airport. LCCT Airport dan KLIA airport jaraknya sekitar 70 km dari kota Kuala Lumpur. Lantas apa beda dari kedua airport tersebut? LCCT Airport lebih dikhususkan sebagai airport untuk pesawat komersil murah meriah Air Asia saja. Sedangkan KLIA Airport merupakan airport untuk berbagai macam pesawat komersil seperti KLM, Singapore Airlines, Garuda, dll. Jarak antara kedua airport itu sendiri sekitar 20 menit perjalanan naik mobil atau bus.


KLIA Airport

KLIA Airport merupakan airport yang sangat besar, megah dan katanya pernah mendapatkan penghargaan berkali-kali sebagai airport terbaik. Cara termurah untuk pergi ke Kuala Lumpur dari KLIA airport adalah dengan menggunakan bus. Biayanya berkisar antara RM8 s/d RM10 per orang dan bus tersebut akan berhenti di 2 pemberhentian bus di KL yaitu Hentian Duta dan STAR LRT Station, Chan Sow Lin. Bus ini siap berangkat tiap 30 menit dan akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju kota Kuala Lumpur.

Cara lain adalah dengan menggunakan taksi. Ada 4 tipe taksi di KLIA Airport. Ke empat taksi tersebut adalah budget taxi (4 panumpang), premier limo (4 penumpang), super luxury (3 penumpang) and family service (8 penumpang). Saya hanya pernah menggunakan budget taksi, biayanya sekitar RM70 s/d RM90, tergantung di bagian kota Kuala Lumpur mana yang akan anda tuju. Anda sebaiknya membeli kupon taksi di airport terlebih dahulu sebelumnya, jika tidak supir taksi yang iseng biasanya akan mengenakan biaya 2 kali lipat.

Cara yang paling cepat untuk menuju kota Kuala Lumpur dari KLIA Airport adalah dengan menggunakan kereta api KLIA Express. Stasiun kereta api ini terletak di lantai dasar KLIA Airport dan ia ada setiap 20 menit dari pukul 5 pagi sampai 12 malam. Harga tiket untuk dewasa RM35 one way atau RM70 return. Untuk anak kecil berusia antara 2 s/d 12 tahun harga tiketnya RM15 one way dan RM30 return. Dalam waktu 28 menit anda akan sampai di stasiun kereta api Kuala Lumpur, KL Sentral.

Saran saya kalau anda ramai-ramai sebaiknya menggunakan taksi, jatuhnya jauh lebih murah daripada naik kereta api. Tapi untuk mencari pengalaman, naik kereta api KLIA Express ini menurut saya amat layak untuk dicoba, keretanya bagus sekali, kapan Jakarta punya kereta seperti ini yah?

LCCT Airport

Nah, kalau anda pergi ke Kuala Lumpur menggunakan pesawat Air Asia sudah pasti anda akan mendarat disini. Namanya juga Low Cost Carrier Terminal alias airport murah, jangan heran jika anda sesampainya di sini di dalam hati anda berkata-kata, ini airport kok biasa-biasa aja yah? Saya pertama kali mendarat di LCCT Airport juga dalam hati berkata, kok airportnya biasa-biasa aja yah, kata orang-orang Kuala Lumpur lebih bersih dan modern dari Jakarta tapi kok airportnya gini-gini aja? Sekarang airport ini sedang diperbesar dan direnovasi, mudah-mudahan aja bisa lebih bagus.

Hanya ada dua cara untuk pergi ke Kuala Lumpur dari LCCT Airport. Yaitu dengan menggunakan bis dan taksi. Sampai saat ini belum ada kereta api ekspres dari LCCT airport ke Kuala Lumpur. Biaya taksi dari LCCT Airport ke Kuala Lumpur sekitar RM70 s/d RM90. Jangan lupa beli kupon tiket taksi di airport, kalau tidak, supir taksi iseng akan mengenakan biaya dua kali lipat dari harga normal. Naik bis biayanya sekitar RM8 s/d RM9 per orang. Lama perjalanan ke Kuala Lumpur sekitar 1 jam lebih. Di Kuala Lumpur bis ini akan berhenti di KL Sentral, pusat hub nya kereta api di KL.

Jika anda tidak terburu-buru waktu dan ingin mencoba naik kereta api ekspres ke Kuala Lumpur dari LCCT Airport, bisa juga. Caranya anda naik bis terlebih dahulu ke KLIA Airport (sekitar 20 menit perjalanan), dari sana anda pergi ke stasiun kereta api ekspress yang terletak di lantai dasar KLIA Airport. Saran saya kalau anda ramai-ramai sebaiknya menggunakan taksi, jatuhnya jauh lebih murah daripada naik kereta api.

Anda bisa lihat website KLIA airport disini, LCCT airport disini dan KLIA Express disini. Skybus, bis milik perusahaan air asia.

Video of Kuala Lumpur International Airport (KLIA)



Video of LCCT Airport


19 comments:

  1. saya kira bandaranya cuma satu KLIA saja..hehehe..terimakasih infonya mas

    ReplyDelete
  2. saya ketinggalan pesawat gara2 saya kira LCCT itu adalah KLIA, gw makan siang dulu eh pas mau check-in pesawat berikutnya gw nanya2 ternyata KLIA gak disini.. akhirnya telat..cukup jauh ternyata LCCT dari KLIA terpaksa bayar pinalti RM 100 dan menunggu 5 jam d KLIA buat next flight.

    ReplyDelete
  3. masih mending bayarnya cuma RM100. coba diindo, wah bisa hangus tuh tiket,, bisa beli baru mas :D

    ReplyDelete
  4. dari KLIA ke furama hotel bukit bintang sebaiknya naik apa?

    ReplyDelete
  5. dari KLIA ke Furama Hotel Bukit Bintang sebaiknya naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bis saja ke KL Sentral. Dari KL Sentral naik monorail.

      Delete
  6. dari LCCT ke KLAI sebaiknya naik apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bis ada dari LCCT ke KLIA.

      Delete
  7. Mas Indra, klo dari KL Sentral ke Tune Hotel yg di KL naek apa ya? Apa gampang untuk membaca rute menggunakan monorail? Thank u

    ReplyDelete
  8. hihihi...iya neh, aku br aja pulang dr jalan ke KL-sendirian, pas turun di LCCT, busyeeet...kuageeet...jauuh banget ma bandara soeta, hahaha...tapi air asia nyaman juga, tiketku return, tepat waktu,kapan2 jalan lagi ah...

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya mas. Minggu ini kebetulan mau lewat lcct. Jadi ngerti deh..

    ReplyDelete
  10. Beli voucher taksi dimana mas? Harga udah ditentukan sbelumnya yah? Thx mas

    ReplyDelete
  11. Mas Indra,
    saya pake airasia turun di LCCT ya, saya sdh beli tiket skybus pp ke KL sentral ( tiket berlaku brp hari ya..?)
    kemudian dari KL sentral ke hotel concord naik apa mas, karena dari LCCT kira2 jam 9 malam.

    trimakasih

    Didik

    ReplyDelete
  12. Mau tanya, dr LCCT ke Mid Valley City, yg paling murah naik apa?

    ReplyDelete
  13. dari lcct ke klia naik apa ya?
    kalau naik bus berapa harga tiketnya?

    ReplyDelete
  14. Mas, makasih infonya..btw..tahu gak gimana caranya dari LCCT ke Trader Hotel di KLCC

    Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  15. Mas numpang tanya, klo dari LCCT mau ke Terminal Bersepadu Selatan naik apa enaknya? Saya hanya berdua dengan teman. Terima kasih.

    ReplyDelete